Tingkatkan Kualitas Kinerja OPD, Pemkab BU Kembangkan Smart SAKIP


Categories :

Info Publik, Bengkulu Utara- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Utara (BU) mengikuti kegiatan sosialisasi pengenalan aplikasi Smart SAKIP dilaksanakan oleh anggota Tim Smartid dari Kota Malang Provinsi Jawa Timur, di Ruang BKAD Kabupaten BU, Senin (13/2/2023).

 

Kegiatan dibuka oleh Asisten III Setdakab BU Dr.H. Agus Haryanto, SE, MM, didampingi Kabag Ekonomi BU. Kegiatan ini juga menghadirkan Narasumber dari tim Smartid Kota Malang dinarasumber Ahmad Riski, Moderator Nisa dari smartid, Kepala bagian organisasi kab BU, Kasubag Perencanaan dan Operator E-SAKIP dilingkup pemerintah Kab BU.

 

Asisten III Setdakab BU Dr. H. Agus Haryanto, SE, MM, Kabag Ekonomi BU, mengatakan sosialisasi E- SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Terintegrasi) merupakan aplikasi berbasis website dikembangkan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara sebagai upaya peningkatan kualitas pelaksanaan akuntabilitas kinerja dilingkungan instansi pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara.

 

“Melalui aplikasi E-SAKIP diharapkan kinerja instansi Pemerintah Bengkulu Utara dapat lebih akuntabel dan bisa dipertanggungjawaban kepada masyarakat karena melalui aplikasi ini diharapkan masyarakat luas dapat langsung melalui seberapa jauh kinerja dari pemerintah,”katanya.

 

Asisten III menyebutkan bahwa dengan audiensi smartid pada hari ini dapat terjalin kerjasama yang baik, sehingga bermuara pada efektifnya birokrasi, mendorong kemajuan pembangunan. Karena itu pula, nilai SAKIP merupakan satu indikator dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, sebagaimana diharapkan.

 

“Untuk itu, dimintai para hadirin mengikuti kegiatan dengan seksama, berharap paparan implementasi dapat diterapkan di perangkat daerah masing-masing,” pungkasnya.

 

Narasumber Smartid Ahmad Riski menyampaikan paparan materi terkait dengan Penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

“Nilai dari hasil evaluasi akuntabilitas kinerja, serta simulasi tata cara upload dokumen SAKIP (Renstra, IKU, Renja/RKT, Perjanjian Kinerja, Pohon kinerja, Cash Cading, Rencana Aksi dan Laporan Kinerja pada sistem E-SAKIP Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara,”ujarnya. (MCBU).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *