Persiapan Penilaian Kinerja SKPD, Pemkab BU Gelar Rakor Evaluasi SAKIP


Categories :

Bengkulu Utara, Infopublik – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara dalam hal ini Inspektorat Kabupaten Bengkulu Utara menggelar rapat Evaluasi atas Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Bengkulu Utara tahun 2023, di Auditorium Inspektorat. Kamis (13/6/2024).

Inspektur Kabupaten Bengkulu Utara Nopri Anto Silaban, SE. M.SI menyampaikan bahwa kegiatan Ini merupakan upaya untuk memastikan bahwa setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah siap untuk menjalani Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dengan berperan aktif dalam persiapan penilaian Evaluasi SAKIP oleh Kemenpan RB.

Di era pemerintahan yang transparan dan akuntabel SAKIP memiliki peran yang sangat penting. Melalui SAKIP pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara berkomitmen untuk mengukur, mengevaluasi, dan memperbaiki kinerja SKPD agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik untuk masyarakat.

Inspektur Inspektorat Kabupaten Bengkulu Utara juga mengatakan bahwa pelaksanaan penilaian awal untuk SAKIP tahun 2023, Tim SAKIP sudah melaksanakan evaluasi atas dokumen- dokumen yang diupload di aplikasi.

“Tim SAKIP telah mengevaluasi dokumen-dokumen yang diupload di aplikasi. Dokumen-dokumen tersebut tentu harus ada kesesuaian antara dokumen yang diminta dengan dokumen yang diupload, apabila sudah di upload dilihat dulu juga validitas data tersebut apakah sudah lengkap ditandatangani, dicap maupun dinomori,”ungkapnya.

Lanjutnya menjelaskan, dan kesesuaian antara area dokumen yang diminta juga di sandingkan. Jadi setelah itu, keluaran nilai tersebut nanti akan dinilai secara nasional oleh Kemenpan RB menjadi nilai SAKIP di Tahun 2023.

“Ini merupakan akuntabilitas Kinerja instansi pemerintah bisa dibilang ini rapornya Pemerintah daerah dan pada saat ini kami menilai rapor dari masing – masing SKPD, Jadi dengan harapan untuk merancang paparan SAKIP yang seragam, konsisten dan informatif sehingga paparan evaluasi SAKIP oleh Kepala SKPD dapat disampaikan dengan jelas, efisien dan efektif kepada evalutor SAKIP dari Kemenpan RB,”ujarnya.

“Dengan adanya rapat ini yang dilaksanakan dengan semangat kerja dan komitmen yang tinggi, diharapkan akan menjadi langkah yang signifikan dalam meningkatkan Akuntabilitas Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara,”tutupnya.

Kegiatan dihadiri Seluruh kepala SKPD lingkup Pemkab BU.(MCBU/SY).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *