Permudah Izin Usaha, Pemkab BU Gelar Sosialisasi Perizinan Berbasis Resiko (OSS-RBA)


Categories :

Info Publik, Bengkulu Utara – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP)
Menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan sosialisasi tim teknis pengawasan perizinan berbasis resiko atau Online Single Submission-Risk Based Approach (OSS-RBA) di Sawah Resto Argamakmur, selasa (23/4/2024).

Kepala Dinas PMPTSP, Ir. Budi Sampurno dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini pemerintah telah melaksanakan perizinan melalui sistem, sehingga mempermudah pelaku usaha dalam mengurus dan mendapatkan izin usaha, Perubahan pengawasan ini untuk efisiensi. Oleh karena itu diintegrasikan satu sistem ini.

“Adapun 3 sub sistem yang ada, yaitu. Sub sistem Informasi, sub sistem perizinan, sub sistem pengawasan. Pelaksanaan pengawasan terhadap standar atau kewajiban pelaksanaan kegiatan usaha untuk data sharing atas hasil pengawasan pada OSS RBA,”ucapnya.

Lebih lanjut beliau menjelaskan terkait pengawasan ini, diharapkan nanti lebih intens lagi terkait ketidaksesuaian/ketidakpatuhan pelaku usaha atas ketentuan peraturan perundang-undangan untuk ditindaklanjuti dengan melakukan pembinaan, perbaikan dan penerpan sanksi.

“Sebagai tim pengawasan kita harus lebih ekstra lagi dalam mengawasi semua perizinan yang ada sehingga tidak memunculkan permasalahan yang timbul akibat dari dipermudahnya akses mendapatkan izin ini,”tutupnya. (MCBU,Nd/Rd).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *