Perkuat Ketahanan Pangan, Bupati BU Manfaatkan Program Pamsimas Terintegrasi Hidroponik dan Kolam Ikan Bio Flog


Categories :
MCBU- Melalui Kementerian PUPR RI, Bupati Bengkulu Utara (BU) Ir. H. Mian bersama Tim Infrastruktur Berbasis Masyarakat Ir. Novi MT, Ketua Balai Pengembangan Infrastruktur Wilayah Provinsi Bengkulu menyerahkan bantuan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) bagi 7 Desa di Kabupaten Bengkulu Utara, di Desa Karang Pulau Kecamatan Putri Hijau. Kamis (9/11/2023).
Dalam arahannya Bupati BU menyampaikan bahwa Pamsimas merupakan sarana untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terutama air bersih. Pamsimas tersebut terintegrasi dengan tanaman sayuran Hidroponik dan Kolam Ikan Bio flog.
“Dengan adanya program pamsimas ini mampu mengatasi krisis Air Bersih dalam kondisi kemarau Karena cuaca ekstrim El-Nino dan Pencegahan Stunting serta menambah nilai ekonomis masyarakat,”ungkapnya.
Lanjut Bupati BU, ini pertama kali program Pamsimas yang diintegrasikan dengan Ketahanan pangan, dirinya mengharapkan masyarakat dapat menggunakan fasilitas air ini agar masyarakat dapat menikmati air bersih dan masyarakat dapat merawat fasilitas ini.
“Saya minta kepada seluruh masyarakat untuk dapat memanfaatkan program Pamsimas ini, jaga dan rawat fasilitas ini, karena air merupakan kebutuhan mendasar manusia,”ujarnya.
Bupati BU juga menyampaikan bahwa fasilitas Pamsimas ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten BU, dalam meningkatkan Akses masyarakat dalam pelayanan air bersih dan sanitasi serta memperkuat ketahanan pangan dengan program yang terintegrasi antara pamsimas, Hidroponik dan Kolam Bio Plog.
Ada 7 desa penerima bantuan program Pamsimas diantaranya , Desa Karang Pulau, Desa Karang Tengah Kecamatan Putri Hijau. Desa Pagardin, Kecamata Ulok Kupai, Desa Lubuk Mindai dan Dusun Raja Kecamatan Ketahun, Desa Gembung Raya dan Kinal jaya Kecamatan Napal Putih.
Hadir kegiatan tersebut, Ketua Tim Infrastruktur Berbasis Masyarakat Ibu Ir. Novi MT, Ketua Balai Pengembangan Infrastruktur Wilayah Provinsi Bengkulu, Forkopimda BU, Asisten III Setdakab BU, Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkulu Utara, Forkopimda, Kadis DPRKP, Nakertrans, DTPHP, Dinkes, Dinsos, DKP, Camat, kades , Ketua BPD, dan masyarakat penerima manfaat program Pamsimas (MCBU/Dc).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *