Pengadilan Agama Arga Makmur bersama Pemkab BU Sosialisasikan E-Mosi Caper


Categories :

Bengkulu Utara, InfoPublik – Pengadilan Agama Arga Makmur mengadakan sosialisasi tentang pemanfaatan Aplikasi Elektronik Monitoring Eksekusi Pembiayaan Hak Perempuan dan Anak Pasca Perceraian (E-Mosi Caper), di ruang rapat Sekdakab BU, Kamis (9/11/2023).

Diketahui, E-Mosi Caper bertujuan untuk mengawal putusan pengadilan agama tentang nafkah istri dan anak pasca perceraian bagi ASN Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara. Tujuan diadakannya acara tersebut adalah untuk memperkenalkan sistem tersebut kepada pihak terkait dan membahas strategi implementasinya.

Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu, Dr. Mirawati Saktiana MH, sebagai narasumber, menjelaskan bahwa E-Mosi Caper adalah solusi efektif untuk menangani konflik terkait pembiayaan pasca perceraian yang sering muncul. Aplikasi ini terintegrasi ke berbagai instansi seperti BKPSDM, Bank Bengkulu, Inspektorat, Dukcapil, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bengkulu Utara..

Selain itu, kegiatan ini merupakan Kerjasama antara pemerintah daerah kabupaten Bengkulu Utara dan Pengadilan Agama Arga Makmur, aplikasi ini untuk mendukung perlindungan hak-hak perempuan dan anak pasca perceraian di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk mendukung visi mewujudkan zona integritas WBK WBBM melalui pelayanan yang lebih mudah bagi masyarakat dalam mencari keadilan,”ungkapnya.

Asisten I Rahmat Hidayat, S.STP, M.Si menyambut baik kegiatan ini, menyatakan dukungan penuh dari pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara terhadap implementasi aplikasi ini.

“Harapannya, E-Mosi Caper dapat menjamin perlindungan hak-hak perempuan dan anak pasca perceraian, serta meningkatkan akses masyarakat terhadap informasi mengenai hak dan pembiayaan melalui aplikasi ini,”ucapnya.

Pada kegiatan sosialisasi E-Mosi Caper, hadir berbagai pihak, termasuk Ketua Pengadilan Agama Arga Makmur, kepala OPD, Kabag Setdakab BU, dan anggota Tim Satgas PTA Bengkulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *