Pemkab BU Gelar Konsultasi Publik RDTR Kota Argamakmur


Categories :

Info Publik, Bengkulu Utara- Bupati Bengkulu Utara (BU) Ir.H.Mian dalam hal ini diwakili oleh Asisten II Bidang Perekonomian Dr.Dodi Hardinata, S.Sos.,M.Si menghadiri sekaligus membuka secara resmi Rapat Konsultasi Publik Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kota Arga Makmur, bertempat di Aula Hotel Kurnia Argamakmur, Selasa (20/12/2022).

Asisten II Dr. Dodi Hardinata S.Sos, M.Si mewakili Pemerintah Daerah menyampaikan amanatnya bahwa hari ini Pemerintah Kabupaten BU memfasilitasi penyelenggaraan konsultasi publik, penyusunan rancangan peraturan kepala daerah tentang RDTR, tahapan ini merupakan tahapan sebelum persetujuan substantif kementerian, sehingga diharapkan kepada seluruh pemangku kepentingan pemerintah daerah dapat memberikan input masukan terkait dengan produk hukum daerah yang akan dibuat nantinya dalam peraturan kepala daerah tentang rencana detail tata ruang.

“Bahwa kegiatan ini telah difasilitasi oleh pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara untuk melaksanakan konsultasi publik terkait dengan RDTR di Kota Arga Makmur di mana melalui penyusunan ini Rancangan peraturan kepada daerah tentang RDTR, tahapan ini dilakukan sebelum adanya persetujuan substantif Kementerian sehingga diharapkan kepada seluruh pemangku kepentingan, pemerintah daerah dapat memberikan Input masukan maupun saran terkait dengan produk hukum daerah yang akan dibuat nantinya dalam Peraturan Kepala Daerah tentang rencana detail tata ruang,”ucapnya.

Beliau menjelaskan bahwa RDTR Penting untuk menciptakan lingkungan dan tempat bermukim yang bagus, produk RDTR ini akan diintegrasikan dalam sistem perizinan, tujuannya ialah untuk mempermudah sistem perizinan di kabupaten BU selain itu RDTR yang dimaksud berfungsi sebagai rencana rinci dalam mengimplementasikan tujuan, strategi dan kebijakan penataan ruang, rencana struktur dan rencana pola ruang, serta pengendalian pemanfaatan ruang kabupaten dan kota.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Perwakilan DPRD Kabupaten BU, Kepala OPD terkait, Kepala Desa, Camat dan tamu undangan. (MCBU, Nd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *