Pemkab BU Gelar FGD Ke 1 Penyusunan RDTR Kawasan Perkotaan Ketahun


Categories :

Bengkulu Utara, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara menggelar Focus Group Discussion (FGD) ke I dalam rangka Penyaringan isu Pembangunan berkelanjutan KLHS dalam Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) kawasan perkotaan Ketahun, Kamis (14/9/2023).

Kegiatan tersebut di hadiri langsung oleh Bupati BU diwakili Kepala PUPR BU dan jajaran beserta OPD Terkait.

Kepala Dinas PUPR Kab BU Buyung Azhari dalam laporannya, mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan Program Penyelenggaraan Penataan Ruang di ATR BPN RI. FGD pertama ini dalam rangka penyusunan rencana detail tata ruang yang dibiayai oleh kementerian ATR/BPN, untuk memperoleh output menentukan arah perencanaan pembangunan kawasan kota Ketahun serta menjadi pedoman untuk pengembangan Kabupaten yang bersinergi.

“Ini juga tindaklanjut beberapa minggu yang lalu, Bapak Bupati hadir di Kementerian ATR/BPN dalam kegiatan penandatanganan pakta integritas dengan bapak Dirjen Tata Ruang Kementerian ATR/BPN RI yang disaksikan langsung bapak menteri,”ujarnya.

Diwakili Sub Koordinator Perencanaan Detail Tata Ruang, Kawasan Daya Dukung Lingkungan Wilayah 1, beIiau menyebutkan, pekerjaan tersebut dilaksanakan selama 5 (lima) bulan kedepan untuk menghasilkan output yang akan diperoleh .

Saat ini, kegiatan Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) kawasan perkotaan Ketahun, berada di tahap penyusunan materi teknis yang di dalamnya memuat fakta dan analisa serta rencana.

penyelenggaran ini, setiap peraturan bupati, peraturan daerah tentang tata ruang, tata wilayah sebelum diketok palu di daerah, melalui Kementerian ATR/BPN kami periksa kelengkapannya secara nasional.

“Untuk mendorong hal tersebut perlunya dilakukan bimbingan teknis tata ruang dipemerintah daerah, kami akan kawal lebih lanjut, serta bantuan teknis seperti saat ini,”(MCBU/DC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *