Jelang Idul Adha, Pemkab BU Gelar Gerakan Pangan Murah


Categories :

Bengkulu Utara, – Menjelang Hari Raya Idul Adha, Pemerintah Daerah Bengkulu Utara melalui Dinas Ketahanan Pangan meluncurkan gerakan pangan murah yang di buka oleh Asisten II Setdakab BU sebagai upaya untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan. di Halaman kantor ketahanan pangan BU, Rabu (12/6/2024).

Gerakan Pangan Murah dilakukan bertujuan untuk menjaga ketersediaan bahan pokok dan meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan yang meningkat selama perayaan hari besar keagamaan.

Dalam sambutannya Asisten II Setdakab BU Heru Susanto, ST menyampaikan bahwa program pangan murah ini merupakan salah satu langkah konkret Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara dalam menjaga stabilitas harga dan pasokan pangan, sekaligus bentuk perhatian terhadap kesejahteraan masyarakat menjelang perayaan Idul Adha. Diharapkan dengan adanya gerakan ini, masyarakat dapat merayakan Idul Adha dengan lebih tenang dan nyaman.

“Gerakan pasar murah ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang lebih terjangkau, terutama di tengah persiapan menjelang Idul Adha,” ujarnya.

Dikatakannya, Pemkab BU juga telah berkoordinasi dengan Bulog dan para distributor untuk memastikan ketersediaan dan distribusi bahan pokok tersebut berjalan lancar.

“Kami telah memastikan bahwa pasokan bahan pokok mencukupi dan distribusinya merata, sehingga tidak ada daerah yang mengalami kelangkaan,”katanya.

Beliau, berharap gerakan pangan murah ini mendapat sambutan positif dari masyarakat dan terbantu dengan adanya program ini harga bahan pokok yang lebih murah bisa lebih tenang mempersiapkan kebutuhan untuk Idul Adha.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bengkulu Utara, Sabani, SH dalam laporannya, menyatakan bahwa gerakan pangan murah hari ini kita laksanakan dengan penyediaan berbagai bahan pokok seperti beras, minyak goreng, cabe, bawang putih, gula pasir, telur dan dijual dengan harga yang lebih murah dari harga pasar pada umumnya.

“Gerakan ini kami laksanakan untuk membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, terutama menjelang Idul Adha di mana kebutuhan pangan biasanya meningkat,”ucapnya.

“Kegiatan ini telah bekerja sama dengan Bulog dan sejumlah distributor lokal dan petani di Bengkulu Utara, kami telah mengantisipasi kebutuhan yang meningkat dengan memastikan stok yang cukup dan distribusi yang lancar ke seluruh wilayah Bengkulu Utara,”tutupnya.

Turut hadir dalam acara dandim 0423/BU, Perwakilan Polres BU, Kepala BPS, Kepala OPD lingkup pemerintah kabupaten Bengkulu Utara dan tamu undangan.(MCBU/Sy).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *