Dukung Pelaksanaan Smart Governance di BU, Bupati BU Hadiri Forum SPBE Submit 2023


Categories :

Info Publik, Bengkulu Utara- Dalam rangka upaya penguatan arah kebijakan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) Nasional, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Utara (BU) dalam hal ini Bupati BU Ir.H.Mian hadiri forum SPBE submit 2023 yang diselenggarakan oleh Kementrian PAN-RB dengan tema “Sinergi Untuk Indonesia Maju”, bertempat di Hotel Kempinski Grand Ballroom, Senin (20/3/2023).

Forum ini dilakukan berdasarkan arahan dari bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam sidang kabinet paripurna yang diselenggarakan pada 2 Maret 2023, guna mendorong komitmen pimpinan instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah terhadap penerapan SPBE, serta untuk mendorong percepatan pelaksanaan SPBE yang terpadu dan berkesinambungan.

Dalam hal ini Bupati BU Ir. H Mian berkomitmen untuk memberikan yang terbaik serta melakukan peningkatan dalam menjalankan hal tersebut, seperti yang diketahui bahwa e-government adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada instansi pemerintah dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang lebih baik.

” komitmen yang dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Bengkulu Utara dengan menerapkan e-government dalam penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam memberikan layanan kepada instansi untuk masyarakat dalam mewujudkan tatanan kelola pemerintahan yang lebih baik, salah satu bentuk penerapan teknologi tersebut yaitu dalam sistem informasi kegiatan pemerintahan Kabupaten BU,”ucapnya.

Penerapan cyber public relation terhadap good governance merupakan salah satu cara yang menunjang penerapan perangkat teknologi komunikasi, pelayanan pengaduan secara online, informasi secara langsung dari website dan sosial media facebook dan youtube.SPBE juga merupakan salah satu upaya pemangkasan biaya dan waktu, serta meminimalisir terjadinya praktik korupsi dalam pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah.

“Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam bermasyarakat memberikan peluang bagi pemerintah untuk melakukan inovasi, sehingga penyelenggaraannya lebih efisien dan transparansi, penerapan evaluasi untuk mengukur capaian kualitas penyelenggaraan SPBE menjadi lebih bersinergi dan terpadu,”jelasnya. (MCBU,Nd).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *