Bupati Mian: kemiskinan di Bengkulu Utara menurun setelah adanya dana desa


Categories :

Media Center – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) kunjungi Kabupaten Bengkulu Utara, di Desa Margasakti, Padang Jaya di Balai Pengkajian dan Penerapan Teknik Produksi (BP2TP) Bengkulu, dalam rangka kegiatan kunjungan kerja, Rabu (6/1).

Bupati Bengkulu Utara Ir.H.Mian menyampaikan rasa bangga atas kunjungan Bapak Menteri Desa PDTT yang telah berkunjung ke Bengkulu Utara, hal ini menjadi konektivitas penting untuk pembangunan ekonomi desa di Bengkulu Utara.

Peranan Kemendes melalui Pembangunan Daerah tertinggal dalam beberapa decade terakhir menjadi penyemangat untuk pembangunan yang amat dahsyat di Bengkulu Utara karena rentang kendali jalan penghubung antar desa hampir 50 % sudah terselesaikan berkat bantuan Bapak menteri melalui Dana Desa.

Selain itu juga, Dana Desa program bapak presiden RI yang digelontorkan ke Desa dapat menumbuhkan Ekonomi kerakyatan di buktikan dengan ukuran yang terukur bahwa pada tahun 2016 angka kemiskinan di Kabupaten Bengkulu Utara di angka 14,87% dan data terakhir 28 Oktober tahun 2018 turun sangat signifikan di angka 11,08 %.

“215 Desa di Bengkulu Utara hampir 70 Desa telah memiliki Bumdes. Atas kunjungan bapak menteri di harapkan menjadi spirit dalam membangun dan memperoleh perhatian, petunjuk, konektivitas untuk memperoleh kucuran dana pembangunan dari kementerian baik kementrian Desa PDTT maupun kementrian lainnya seperti Kementrian PUPR,”harap Bupati.

Sementara itu, Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo, BSEE, MBA memaparkan bahwa tata kelola serapan dana desa semakin membaik di seluruh Indonesia termasuk di Bengkulu Utara yang telah mencapai 99%.

Dari Penyerapan Dana Desa yang naik pada tahun pertama 82% dan empat tahun kemudian menjadi 99% yang menunjukkan tata kelola yang semakin membaik.

Penurunan kemiskinan cukup baik bahkan penurunan angka kemiskinan di desa lebih cepat dari pada di kota, angka pengangguran di desa menurun dan hal yang membanggakan adalah di desa terjadi peningkatan pendapatan perkapita hampir 50%.

Indonesia dalam 4 tahun terakhir telah membangun infrastruktur seperti contohnya membangun 191.000 Km jalan Desa, Hampir satu juta unit sarana air bersih, pembangunan ribuan PAUD, pembangunan Pasar dan lainnya.

“Setelah membangun infrastruktur harapan bapak presiden agar penggunaan dana desa untuk difokuskan pemberdayaan sumber daya manusia dan pemberdayaan ekonomi desa.” Jelasnya

Usai sosialisasi penggunaan Dana Desa tahun 2019 kementrian Desa PDTT dan transmigrasi bersama Mitra kerja memberikan bantuan bibit ikan patin kepada petani ikan, bantuan paket KUR, Bantuan LED (Local Economy Evelopment tahun 2019 dari Dirjen PPMD untuk mengembangkan komoditas emping melinjo guna sarana produksi, bantuan modal kepada 10 BUMDES.

Dalam Kunjungan Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo, BSEE, MBA, langsung disambut Bupati Bengkulu Utara Ir.H.Mian, Arie Septia Adinata, SE Wakil Bupati Bengkulu Utara, dan dihadiri Para Dirjen kementrian, Fathkuri, SH Kepala Kejaksaan Bengkulu Utara, Slamet Waluyo Sucipto anggota DPRD BU, Alex Adam Faisal, SH Ketua Pengadilan Arga Makmur, AKBP Erwin, SIK Wakapolres BU, Wakil Dandim 0423 BU, Para Camat, Jajang Abdullah selaku Selaku Ketua Panitia, Para kepala Desa se kab BU, sekretaris Desa, Para Ketua BPD, Ketua Bumdes, serta para pendamping Desa se Bengkulu Utara, Pendamping desa dan pelaku dunia usaha.(MC Bengkulu Utara/IA/DC).

#MediaCenter
#DinasKominfoBengkuluUtara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *