Operasi Pasar dan Manfaatkan Lahan Perkarangan Strategi Pemkab BU Cegah Inflasi


Categories :

Info Publik, Bengkulu Utara- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Utara (BU) mengikuti rapat inflasi rutin yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) secara daring melalui zoom meeting, di Ruang Rapat Sekda Kabupaten BU, Rabu (8/2/2023).

Rapat ini dipimpin oleh Asisten III Pemkab BU Dr. H. Agus Haryanto, SE, MM, Kabag Ekonomi Pemkab BU, Perwakilan Forkopimda, Kepala OPD di ruang lingkup pemerintahan Kabupaten BU.

Berdasarkan hasil rapat hari ini, diinformasikan bahwa komoditas penyumbang kenaikan harga di minggu bulan februari pada level provinsi ialah beras, bawang merah dan minyak goreng, sedangkan tingkat kabupaten/kota adalah beras, bawang merah dan cabai merah. Beras menyumbang kenaikan harga di 114 kabupaten/kota, bawang merah di 101 kabupaten/kota.

Dr. H. Agus Haryanto, SE, MM menyampaikan bahwa berdasarkan data inflasi dari tahun ke tahun diangka 5,28 %, inflasi Januari 2023 relatif lebih rendah dibandingkan inflasi Januari tahun lalu, perhitungan BKF potensi dampak penerapan TA/TW III tahun 2022 terhadap inflasi sekitar 0,019%. Pemkab BU telah melaksanakan operasi pasar, untuk mencari tau kondisi terkini terkait dengan kenaikan harga bahan pokok.

“Selain itu Pemkab BU juga telah melaksanakan operasi pasar untuk mencari tahu kondisi terkini terkait dengan kenaikan harga bahan pokok, seperti beras, bawang merah,telur dan minyak goreng,”jelasnya.

Lebih lanjut Asisten II Sekdakab BU menjelaskan bahwa operasi pasar dilakukan untuk mencegah kenaikan angka inflasi di Kabupaten BU, terutama menjelang bulan Ramadan tahun 2023.

“Inisiasi serta solusi akan dicari untuk membantu pedagang dalam menjaga stabilitas harga bahan pokok, selain itu upaya dalam mensosialisasikan kepada masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah, menanam sayur dan mengelola dan budidaya ikan yang di bantu oleh pemerintah daerah, hal ini dilakukan guna menambah penghasilan rumah tangga dan membantu mengurangi pengeluaran,”tutupnya. (MCBU,Nd).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *