Harap Selesai di Akhir Tahun, Bupati BU Groundbreaking Pembangunan Pasar Purwodadi


Categories :

Bengkulu Utara, InfoPublik – Pemerintah Daerah Bengkulu Utara dalam hal ini Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian, beserta jajaran Forkopimda Bengkulu Utara, melaksanakan kegiatan groundbreaking pembangunan Pasar Purwodadi kabupaten Bengkulu Utara di Argamakmur, Senin (19/02/2024).

Turut hadir dalam acara Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bengkulu beserta Jajaran, Unsur Forkopimda, OPD Terkait dan Undangan lainnya.

Bupati BU dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan pembangunan ini merupakan pembangunan pertama yang dilakukan oleh BUMN melalui PUPR di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara.

“Ini merupakan pembangunan pertama di wilayah kita yang dilakukan oleh BUMN melalui Kementerian PUPR setelah 2 tahun yang lalu pasar kita ini terkena musibah kebakaran dengan target selesai di akhir tahun ini,”ucapnya.

Lebih lanjut, Bupati Bengkulu Utara menyampaikan nantinya akan membentuk tim untuk pembagian los dan beliau berharap kepada masyarakat di wilayah pasar Purwodadi untuk dapat bekerja sama dalam proses pendataan sehingga los dapat dibagi secara merata.

“Nanti kita akan bentuk tim untuk membagi los dan mendata jumlah pedagang, untuk itu kita berharap kepada para pedagang untuk dapat bekerja sama dalam proses pendataan sehingga dapat terbagi secara merata,”tambahnya.

Pasar Rakyat Purwodadi tersebut akan dibangun dengan konsep Pasar Tradisional Modern (PTM) dengan 3 blok masa bangunan dalam luas lahan 22.337 m², luas bangunan 14.520 m², jumlah kios 356 unit, jumlah los dengan meja 84 unit, dan jumlah hamparan 387 unit dan diharapkan nantinya menjadi Pasar Rakyat Modern yang bersih, tertata dan terkelola, sehingga mampu menghidupi ratusan pedagang dan masyarakat sekitar, pembangunan ini seperti disampaikan oleh kepala balai dengan menerapkan prinsip-prinsip bangunan gedung hijau yang ramah lingkungan dan visioner sehingga pedagang dan pengunjung aman dan nyaman”tambahnya

“Manfaat dengan dilaksanakannya pembangunan ini ialah untuk menyediakan tempat bagi pembeli dan penjual dalam melakukan pertukaran barang dan jasa yang masyarakat butuhkan, karena pasar berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja, serta memberikan dorongan bagi investor sehingga dapat mendukung pengembangan sektor ekonomi di Kabupaten BU,”jelasnya

Sementara itu Dalam Sambutan nya Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bengkulu Dendy Kurniadi, ST, MT juga menyampaikan harapannya agar pembangunan pasar Purwodadi dapat mendorong  perekonomian masyarakat Bengkulu Utara dan Menjadi Pasar Rakyat Modern yang bersih, tertata dan terkelola.

“Pembangunan pasar Purwodadi ini diharapkan dapat mendorong  perekonomian masyarakat Bengkulu Utara dan Menjadi Pasar Rakyat Modern yang bersih, tertata dan terkelola, sehingga mampu menghidupi ratusan pedagang dan masyarakat sekitar, dan paling penting pembangunan ini menerapkan prinsip-prinsip bangunan gedung hijau,”tutupnya.

Dalam acara ini juga dilaksanakan serah terima pengelolaan sementara paket pekerjaan rehabilitasi dan renovasi prasarana sekolah ke Dinas Pendidikan Bengkulu Utara. (MCBU/Rd/Yg/Nd Red.Dc/La).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *