Bahas Pembangunan Infrastruktur dan SDM, Bupati Mian Temui Gubernur Bengkulu


Categories :

Bengkulu Utara, InfoPublik – Bupati Bengkulu Utara Ir H Mian  didampingi  Asisten II serta sejumlah pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemkab,  melakukan audensi dengan Gubernur Bengkulu. di Ruang Rapat Balai Semarak Bengkulu, Rabu (8/9/2021).

Dalam audiensi tersebut disampaikan secara komperhensif oleh Bupati Bengkulu Utara (BU) Ir.H.Mian kepada Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, berbagai poin penting permasalahan pembangunan infrastruktur dan pembangunann Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Bengkulu Utara.

Bupati Mian mengatakan sudah menjadi tugas pokok kita bersama untuk berkolaborasi sekaligus berkoordinasi untuk menyamakan persepsi dalam membangun senergisitas terkait pembangunan SDM  atau pun insfrastruktur.

Dalam audiensi Bupati Bengkulu Utara menyampaikan beberapa point-point penting permasalahan pembangunan yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara, secara garis besar di kemas komprehensif. terkait Pembangunan SDM.

Pembangunan insfrastruktur, Repitalisasi pasca kebakaran pasar purwodadi, Penanganan jalan propinsi yang perlu penanganan khusus yang berada di Bengkulu Utara, Link Kondisi infrastruktur jalan dari Tugu Polwan-Padang Jaya yang saat ini banyak terdapat spot-spot jalan yang rusak berat.

Serta, Link Kondisi infrastruktur Lais sampai gunung selan, terkait kawasan hutan yang telah di tempati oleh warga agar bisa diturunkan tim terpadu dan Beberapa hal yang mencakup regulasi.

Saat audiensi berlangsung, Gubernur Bengkulu merespon baik maksud dan tujuan yang disampaikan Bupati Bengkulu Utara, beliau mengupas satu persatu usulan dan isu-isu strategis yang disampaikan.

Khususnya usulan revitalisasi pasar Purwodadi pasca kejadian kebakaran hingga infrastruktur jalan.

Menurut Gubernur Rohidin, revitalisasi pasar Purwodadi akan dilakukan secara bersama, antar kementerian lembaga terkait. Hal ini mengingat, anggaran yang tersedia di Kementerian Perdagangan sangat terbatas.

“Revitalisasi pasar purwodadi anggarannya dari Kementerian Perdagangan sangat terbatas sekali sementara tingkat kerusakannya sangat parah, untuk itu kita menginisiasi agar Kementerian PUPR dapat menganggarkan juga,” kata Rohidin.

Selain itu yang menjadi pokok bahasan adalah infrastruktur jalan. Ada dua poros utama jalan provinsi di Bengkulu Utara yang tingkat kerusakannya cukup parah, yang akan menjadi konsen untuk segera mendapatkan penanganan. Diantaranya jalan dari Lingkar Tugu Polwan ke Argamakmur, termasuk daerah Lais.

“Andai nanti ada alokasi anggaran pada 2022, dua jalan tersebut menjadi prioritas utama untuk dibangun,” ujar Gubernur Rohidin.

Kemudian, terkait pusat pembibitan perkebunan karena pada saat perpanjangan HGU dari PT. Agricinal, kabupaten Bengkulu Utara mendapatkan Lahan sekitar 170 hektar. Untuk 100 hektar sudah disepakati untuk pembibitan perkebunan Bengkulu yang akan dikelola bersama, sedangkan sisanya akan dibangun komplek perumahan bagi masyarakat (yang belum memiliki rumah) di 5 desa penyangga pada kawasan tersebut.

“Lahan hibah dari PT. Agricinal kepada Pemkab Utara akan dimanfaatkan untuk pusat pembibitan perkebunan, dan sebagian akan diusulkan untuk pembangunan rumah layak huni dari program Kementerian Perumahan Rakyat untuk masyarakat desa penyangga setempat,” terang Gubernur Bengkulu ke-10 ini.

Terakhir Gubernur Rohidin,  juga menyampaikan  untuk menekan penyebaran virus Covid – 19, dalam waktu dekat akan segera melaksanakan program vaksinasi di Bengkulu Utara dengan 30.000 dosis vaksin untuk masyarakat sektor perkebunan di Bengkulu Utara melalui GAPKI.

Sebanyak 25.000 dosis untuk  lima Perusahaan perkebunan Bengkulu Utara dan 5.000 dosis  untuk petani peremajaan Sawit Rakyat (PSR).

Turut mendampingi Asisten II Setdakab BU Ir Untung Pramono MSc,Kepala Dinas PUPR Heru Suasanto, ST, Kepala Dinas Pertanian Kuasa Barus, S.Pt.

Serta, Kadis Perindag Suharlan, Kadis kominfo Sasman, SP, Kepala Bappeda Suharto, dan Kepala BKPSDM Drs. Setyo Budi Raharjo. (MC Bengkulu Utara/Sy/DC/toeb).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *