ir_mian_bupati_bengkulu_utara_2-01 bagi masyarakat Kabupaten Bengkulu Utara (BU) nama Ir. Mian sudah tidak asing lagi. Beliau wakil Bupati Bengkulu Utara periode 2011-2016 yang baru saja dilantik menjadi Bupati Bengkulu Utara setelah memenangkan Pilkada 2015 lalu.

Jika bercerita tentang silsilah keluarganya, Mian merupakan anak bungsu dari 12 bersaudara dari pasangan Samak dan Darmi. Kedua orang tua Mian termasuk keluarga berekonomi lemah saat itu, sehingga mendapatkan program transmigrasi kolonial Belanda.

Lelaki yang lahir di Kisaran, Sumatera Utara pada tanggal 4 Agustus 1964, menempuh pendidikan sarjananya di Universitas Bengkulu (Unib) jurusan Agronomi.

Mian kecil menghabiskan masa kecilnya di Asahan, Sematera Utara. Setelah menamatkan Sekolah Dasar (SD), ia merantau ke Kota Medan untuk melanjutkan pendidikan SMP dan SMA.

Pada tahun 1985 barulah dia datang ke Bengkulu untuk melanjutkan kuliah di Universitas Bengkulu (Unib), setelah sebelumnya lulus tanpa tes program Penelusuran Minat dan Kemampuan. Karena Mian termasuk mahasiswa yang cerdas, dia bisa menyelesaikan jurusan Agronomi yang diambilnya hanya dalam kurun waktu 3 tahun 8 bulan. Setelah lulus, dia bergabung dengan perusahaan perkebunan yang ada di Bengkulu Utara.

Perjuangan berat yang dilalui Mian terbayar dengan mendapatkan pengalaman, khususnya di dunia perkebunan. Dari pengalaman tersebut dia berniat hendak mengamalkan kepada masyarakat.

Selain itu, selama dia bekerja di perusahaan, dia sangat mengenal baik masyarakat, terutama masyarakat Kecamatan Ketahun, Putri Hijau dan Napal Putih. Dengan tekad bulat dan sudah siap secara mental dan finansial, Mian kemudian memberanikan diri masuk ke dunia politik, mencalonkan sebagai anggota DPRD BU.

Mian maju pada Pileg 2004-2009 dan terpilih. Sejak menjabat sebagai anggota dewan dia fokus dengan karirnya tersebut. Lima tahun menjabat sebagai anggota dewan, Mian semakin dikenal dengan masyarakat terutama dalam hal infrastruktur di tengah masyarakat petani. Setelah mantap, dia kemudian mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati mendampingi Dr Ir HM Imron Rosyadi MM MSi maju sebagai Bupati dan Wakil Bupati periode 2011-2016.

Selain meniti karir sebagai Bupati, Mian juga terlibat dalam organisasi. Dia dikenal sebagai tokoh masyarakat jawa di Bengkulu Utara. Mian adalah ketua Paguyuban Masyarakat Jawa Bengkulu (PMJB). Selain itu Mian juga menjabat Ketua Perhimpunan Anak Transmigrasi Republik Indonesia (PATRI) Provinsi Bengkulu. Tidak heran jika Mian dipercayakan menjabat sebagai ketua organisasi tersebut, Mian dikenal kedekatannya dengan pemerintah pusat, dampak poditifnya banyak mendatangkan program positif untuk organisasi tersebut.

BIOGRAFI

Nama       : Ir. Mian

TTL          : Kisaran, 4 Agustus 1964

Agama     : ISLAM

Alamat    : Jln. Jenderal Sudirman, Arga Makmur Bengkulu Utara

Istri         : Eko Kurnia Ningsih

Jabatan  : Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkulu Utara, Ketua GOW Kabupaten Bengkulu Utara

Anak       :

  1. Andaru Pranata, SE
  2. Danni Tirta Anggara
  3. Andreyan Treasnanda
  4. Datri Aprianto

 

PENDIDIKAN

Sekolah Dasar Negeri ( SDN ) Asahan – Sumut Tahun 1979

Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Kota Medan – Sumut Tahun 1982

Sekolah Lanjutan Tingkat Atas ( SLTA ) Kesatria – Medan Tahun 1985

Sarjana S1 Pertanian – Universitas Bengkulu ( Unib ) 1989

 

RIWAYAT ORGANISASI

Ketua Umum Paguyuban Masyarakat Jawa Bengkulu ( PMJB ) Kabupaten Bengkulu Utara Tahun 2008-2012

Penasehat Himpunan Masyarakat Sumatera Utara ( HIMSU ) Propinsi Bengkulu

Penasehat Paguyuban Masyarakat Sunda Kabupaten Bengkulu Utara

Ketua Dewan Pembina Serikat Petani Sawit Mandiri Kabupaten Bengkulu Utara

Ketua Tim Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kabupaten Bengkulu Utara

Ketua BNN Kabupaten Bengkulu Utara

Ketua Umum Persatuan Anak Tranmigrasi Republik Indonesia ( PATRI ) Propinsi Bengkulu

 

RIWAYAT PEKERJAAN

Asisten Afdeling II merangkap Asisten Land Cleaning PT. Pamor Ganda Perkebunan Kakao dan Karet Kecamatan Ketahun

Manager Kebun Kakao dan Karet PT. Pamor Ganda Kecamatan Ketahun

Sit Manager PT. Sumber Windu Kecamatan Kencana Rekan Group Holding Company di Kecamatan Pino Kabupaten Bengkulu Selatan.

Manager di PT. Jamrud Indah Prima dan CV. Nusa Cendana Proyek Perkebunan Kelapa Sawit di Musi Rawas Sumatera Selatan.

Ketua Komisi III Periode 2006-2009

Anggota Himpunan Masyarakat Peduli Tranmigrasi Propinsi Bengkulu

Ketua Badan Legislasi DPRD Kabupaten Bengkulu Utara Periode 2004-2006.

Wakil Bupati Bengkulu Utara Periode 2011- 2015.

Bupati Bengkulu Utara Periode 2015 – sekarang

 

PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

Mengikuti Temu karya dan Latihan Dasar Kepemimpinan ( KMAPBS ) tingkat nasional angkatan pertama, tanggal 13-17 September di TMII Jakarta.

Mengikuti Pendidikan LEMHANNAS program Reguler Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Juni – September Tahun 2011.

Mengikuti Diklat Orientasi Kepemimpinan Daerah Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Wakil Walikota Tingkat Nasional April – Mei 2013.