Monday, 20 November, 2017

Bendung dan Pantai Lais

Bendung Air Lais yang terletak di kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara inilah yang menjadi sumber kehidupan bagi para petani, penambak ikan air tawar di desa Tambak Rejo dan pengumpul endapan pasir bendungan.

Bendungan Air Lais juga terkenal sebagai tempat wisata air karena dibangun diatas sungai yang airnya jernih dan lokasinya sejuk, dikelilingi oleh perbukitan dan pegunungan yang tampak indah sehingga menjadi satu kesatuan yang serasi, memberikan rasa nyaman bagi para wisatawan terutama pecinta alam.  Lokasinya dapat dicapai dengan menggunakan roda dua maupun roda empat dengan jarak tempuh 20 km atau sekitar 30 menit dari kota Arga Makmur. Bendungan ini diresmikan pada 6 September 1982 oleh Wakil Presiden Republik Indonesia saat itu yaitu Adam Malik.

Sedangkan Pantai Lais berlokasi di sepanjang Jalan Protokol Bengkulu – Sumatera Barat. Samudera Indonesia yang begitu luas dan indah ini menyimpan 12.060,3 ton (Kajian dari  LIPI tahun 2007) yang tersebar di kecamatan Enggano, Air Napal, Lais, Batik Nau, Ketahun, Putri Hijau, dan kecamatan Air Besi. Biota laut yang siap untuk dimanfaatkan dengan tetap menjaga kelestarian lokasi-lokasi dan juga beberapa kekayaan laut yang masuk dalam wilayah konservasi.

Di samping sebagai salah satu objek wisata pantai, sepanjang pantai ini juga telah ditanami tanaman-tanaman perkebunan baik karet, kelapa, kelapa sawit, kakao.dll. Juga sebagai tempat gembalaan hewan-hewan ternak dan jalur transportasi laut bagi penduduk, wisatawan ,maupun usaha pertambangan batubara.


2014 Powered By Wordpress, Effective News Theme By Themelions Team